VFX Pontianak

Ayo para animator/yang berminat di bidang 3D Vissual Effect di kota pontianak bergabung disini mari kita buat orang luar mengenali siapa kita sebenarnya.

Minggu, 07 Juli 2013

Software Yang Dipakai Para Pembuat Film Vissual Effect

1. 3D MAX
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Ada 5 metode pemodelan dasar:
  • Pemodelan dengan primitif
  • NURMS(subdivision surfaces)
  • Surface tool
  • NURBS
  • Pemodelan polygon

Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, "cone", silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan balon".
Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu "Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illuminationdan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.

2. MAYA

Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin. Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.


3.BLENDER

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.

4.ADOBE AFTER EFFECT

Adobe After Effects adalah produk piranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe.
Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam - macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan obyek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
Adobe After Effects memiliki fitur - fitur penting, misalnya Adobe After Effects memiliki alat untuk membuat Shape ( seperti yang terdapat padaAdobe Photoshop ). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain.

5.NUKE DAN NUKEX

Nuke adalah berbasis simpul compositing digital perangkat lunak diproduksi dan didistribusikan oleh The Foundry , dan digunakan untuk film dan pasca-produksi televisi. Nuke yang tersedia untuk Microsoft Windows , Mac OS X , dan Linux . Pengguna Nuke meliputi Digital Domain ,DreamWorks Animation , [1] Sony Pictures Imageworks , Sony Pictures Animation , Framestore , [2] Weta Digital [3] dan Industri Ringan & Magic .[4] Nuke telah digunakan pada produksi seperti Avatar , [ 5] Mr Tak seorang pun , The Curious Case of Benjamin Button , King Kong , Jumper , I, Robot , Resident Evil: Extinction , Tron: Legacy , Alice in Wonderland dan Black Swan [. rujukan ]
Nuke (nama berasal dari 'compositor baru') [6] pada awalnya dikembangkan oleh software engineer Bill Spitzak untuk digunakan di rumah di Digital Domain awal tahun 1993. Nuke awalnya digunakan untuk membuat versi yang lebih tinggi-resolusi komposit dari Autodesk api . [7]
Nuke versi 2 memperkenalkan GUI dibangun dengan FLTK - in-house GUI toolkit dikembangkan di Digital Domain yang kemudian dirilis di bawah GNU LGPL . pada tahun 1998 [8]
Nuke memenangkan Academy Award untuk Prestasi Teknis pada tahun 2001. [9]
Pada tahun 2002, Nuke dibuat tersedia untuk umum untuk pertama kalinya di bawah bendera Software D2. [10] [11] Pada bulan Desember 2005, D2 Software merilis Nuke 4.5, [12] yang memperkenalkan subsistem 3D baru.
Pada tahun 2007, The Foundry, sebuah London plug-in house pembangunan berbasis, mengambil alih pengembangan dan pemasaran Nuke dari D2. [13] The Foundry dirilis Nuke 4,7 pada bulan Juni 2007, [14] dan Nuke 5 dirilis pada awal 2008, yang menggantikan antarmuka dengan Qt dan menambahkan Python scripting, dan dukungan untuk stereoscopic alur kerja. [15] Nuke mendukung penggunaan plug-in The Foundry melalui dukungannya bagi OpenFX standar (beberapa dibangun pada node seperti Keylight yang OpenFX plugin)


10 komentar:

  1. Slm knl ..
    Nma ku didi
    Aq tinggl dpontianak ska jg sma dunia vis efek

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga bro, solahkan kunjungi juga website visual effect pontianak di www.pontianakvfx.com

      Hapus
  2. saya pengen punya software after effect, tapi ndak bisa download

    BalasHapus
  3. @jidi mohammad_ selamat datang di blog komunitas spesial effect Pontianak. Mungkin kita bisa sharing2 mengenai visual effect disini
    @meira putri_wah kalo anime bukan disini mbak
    @rendy_ ndak bisa download gimana ren?

    BalasHapus
  4. Klo buat model kyk piala oscar gtu gmn ya? Jdi buat opening video tp logonya kyk piala oscar gtu model badan manusia.. Bsa pke apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pake macam2 software 3d kok, 3d max, z-brush dll..tinggal modelling aja buat model pialanya di 3d, terus ntar di animasiin bergerak sesuai keinginan.

      Hapus
  5. Salam kenal gan, ane suka eitng vfx jga. Ane dri Bogor😁

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus